Tips Tingkatkan Kualitas SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah istilah penting ketika kita berbicara mengenai dunia digital. Sebuah brand akan lebih mudah ditemukan jika brand tersebut mempunyai presence di dunia digital yang kuat. Dalam hal ini lah SEO dapat membantu para brand. Dengan SEO yang kuat, konten berkualitas yang telah susah payah kamu buat tidak akan hilang di dalam lautan web yang sangat luas dan dapat muncul dalam daftar pencarian Google.

Dalam Marketing Stage Tech in Asia Jakarta 2015, Dan Clarke, Founder dan CEO Disruptient berbicara mengenai strategi SEO yang bisa kamu terapkan pada startup yang sedang kamu bangun.

Disruptient adalah SEO dan digital agency ternama yang berpusat di Singapura dan mempunyai portofolio klien yang tersebar mulai dari Asia hingga ke Timur Tengah. Dengan pengalaman Dan Clarke yang mempunyai rentang lebih dari satu dekade di ranah ini; serta klien ternama seperti Nissan, Adidas, dan Zalora, Dan tentunya sangat kompeten dalam menjelaskan semua hal tentang ranah strategi SEO.

Dan membuka keynote-nya dengan menjelaskan apa itu SEO serta bagaimana kamu bisa menguasai SEO dengan menggunakan 12 tip dasar yang sederhana. Hal pertama yang ia jelaskan adalah SEO sebagai penggerak utama traffic organik ke dalam situs yang kamu miliki. Trafficorganik tersebut sangat berpengaruh terutama pada tampilan iklan targeteddalam situs kamu, serta menghindari klik iklan yang tidak disengaja – dalam hal ini iklan yang tidak relevan dengan pengguna.

Selain menjelaskan tentang SEO, Dan juga sedikit bercerita tentang SEM atau Search Engine Marketing. Ia lebih lanjut mengatakan bahwa SEM memang mempunyai keuntungan tersendiri seperti kepastian muncul di laman pertama pencarian Google ketika memilih sebuah keyword. Namun semua itu bukannya tanpa pengorbanan. Kamu harus melakukan optimisasi khusus untuk pencarian keyword yang efektif serta yang paling penting, cara ini tidaklah gratis, bahkan membutuhkan biaya yang sangat besar. Dan menjelaskan bahwa SEM tidaklah sehat bagi brand kamu dalam jangka waktu panjang.

SERP klasik vs SERP modern

SERP atau Search Engine Results Page kini sudah berubah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. SERP klasik bisa menampilkan 10 hasil dalam satu laman hasil pencarian sementara SERP modern bisa menampilkan kurang dari 10 hasil namun dengan informasi yang lebih lengkap. SERP modern lebih mengutamakan kualitas informasi alih-alih ketepatan keyword, hal ini juga didasari fakta bahwa Google saat ini lebih bertindak sebagai sebuah mesin penjawab daripada mesin pencari.

Dan kemudian menjelaskan bahwa faktor mobile merupakan unsur yang sangat penting bagi SEO saat ini. Kini, pencarian lebih banyak dilakukan melalui mobile. Oleh karena itu, Google memperbarui algoritma pencarian mereka dan lebih mengutamakan situs yang mobile-friendly. Selain itu, kecepatan membuka sebuah situs adalah faktor penentu lainnya dalam meraih posisi utama di dalam SERP.

Bagaimana cara kamu menguasai SEO?

“Bangun situs kamu untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari,” ungkap Dan.

Dan mengkategorikan 12 tip ini dalam 3 peraturan sederhana:

Hacking the code

1. Indexing

Kendalikan bagaimana cara Google mengindeks situs kamu. Untuk melakukan hal ini, kamu dapat memberitahu Google agar tidak menyalin laman ke server mereka dengan menggunakan tag “NOINDEX”. Selain itu, kamu dapat menggunakan file “robots.txt” dan “sitemap.xml”.

Hal ini sangat membantu dalam menyaring laman apa saja yang ingin kamu tampilkan dalam Google. Jadi, kamu bisa menghilangkan laman percobaan kamu, ketika katakanlah dulu kamu sedang mengembangkan situs, atau laman-laman khusus yang tidak ingin kamu publikasikan ke Google.

2. Aksesibilitas

Google mempunyai kesulitan dalam menjalankan Client Side Script seperti JavaScript. Jadi, hindari penggunaan JavaScript yang berlebihan. Selain itu, pastikan konten kamu berada di dalam source code sehingga ketika JavaScript tidak bisa di-load, pengguna masih bisa membaca konten kamu.

3. Kecepatan situs

Seperti yang sebelumnya disebutkan, situs responsif dengan kecepatanloading akan mempunyai prioritas tinggi dalam hasil pencarian. Selain itu, Google dapat memberi penalti pada situs-situs yang tidak mobile-friendlydengan menurunkan peringkat situs kamu.

Content is King

4. Konten berkualitas tinggi

Optimasi konten adalah kekuatan utama SEO. Kini, Google mengevaluasi sebuah laman situs berdasarkan kualitas konten yang mereka tawarkan bagi pengguna. Kembali lagi, Google ingin hasil pencarian mereka membantu pengguna mendapatkan informasi yang mereka cari.

5. Keyword

Penggunaan keyword merupakan bagian penting dari SEO. Satu peraturan utama adalah cari keyword yang sering dicari oleh pasar alih-alih keywordyang ingin kamu dorong kepada pengguna kamu.

6. Struktur konten

Tulislah konten dengan kualitas editorial tinggi. Usahakan konten di dalam sebuah laman mempunyai minimal jumlah 350 kata dengan jumlah maksimal 1.500 kata. Jika terlalu banyak konten berulang-ulang atau konten yang kurang “berisi”, Google dapat menganggap bahwa situs kamu adalah spam dan bisa memberi kamu penalti.

7. Page elements

Poin ini adalah poin teknis dalam optimisasi SEO. Ketika kamu membangun sebuah situs, pastikan masing-masing URL mempunyai tagHTML seperti Title Tag, Description tag, Header, dan Content. Sebagai tambahan, kamu bisa memasukkan canonical tag dan OG tag atau opengraphuntuk mengaitkan laman dengan akun sosial media yang kamu miliki.

8. Kepadatan keyword

Gunakan keyword sewajarnya. Dan menjelaskan bahwa kamu tidak bisa menjejalkan keyword ke dalam sebuah konten dan berharap laman konten tersebut akan mendapat peringkat pertama dalam SERP. Gunakan rasiokeyword yang tepat dan sekali lagi Dan menjelaskan bahwa pentingnya menulis konten dengan tujuan utama memberi informasi pada pengguna alih-alih menulis konten dengan tujuan meningkatkan SEO.

9. Duplikasi konten

Satu konten harus mempunyai satu URL. Jika kamu memiliki konten serupa seperti katakanlah sebuah situs e-commerce dengan berbagai produk serupa, kamu dapat menggunakan canonical tags yang bertindak sebagai penunjuk URL jika kamu mempunyai laman dengan konten yang sama.

Getting Linked-in

10. Bangun tautan ke dalam

Link dari situs luar bisa dibilang sebagai sebuah vote bagi situs kita di mata Google. Hal ini merupakan faktor yang sangat penting karena metrik lain bisa dipalsukan, namun penggunaan link ini tidak mudah bahkan mustahil untuk dipalsukan. Link dari situs yang mempunyai ranking tinggi memberi gambaran relevansi dan pentingnya situs kamu.

11. Sumber link

Tidak semua situs mempunyai nilai link yang sama. Situs dengan reputasi tinggi memiliki “nilai link” yang lebih bagus. Dan mengatakan bahwa jika kamu mendapatkan sedikit link dari sumber yang berkualitas, itu lebih bagus daripada mendapatkan banyak link dari situs yang tidak berkualitas. Selain itu, kamu harus selalu memantau link yang masuk ke dalam situs kamu dan memberi tanda kepada Google bahwa kamu tidak ada sangkut paut dengan link-link tersebut.

12. Paid Link

Membeli link adalah hal paling tabu untuk dilakukan. Dan tidak merekomendasikan hal ini. Namun jika memang harus dilakukan dalam bentuk advertorial atau lainnya, pastikan kamu memberi tag “NOFOLLOW” pada link tersebut.

Source: id.techinasia.com

Share this page :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *